Rekomendasi masker wajah alami yang bisa dibuat sendiri 

Tentang masker

Masker wajah sangat penting tidak hanya untuk wanita saja namun pria juga. Hal ini dikarenakan masker wajah dapat membantu produk perawatan kulit lainnya bekerja lebih cepat dan efisien sehingga penampilan dan kualitas kulit dapat meningkat. Masker wajah bekerja sesuai dengan bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Ada yang bekerja sebagai pemutih dan mengurangi hiperpigmentasi, mengatasi jerawat, menghidrasi kulit, menghilangkan kotoran dan bakteri, menghilangkan minyak berlebih, serta membantu memperbaiki tampilan pori-pori.

Saat ini banyak sekali masker wajah dengan variasi bahan dan manfaat yang dijual dengan bebas di pasaran. Memang ini memudahkan karena membuat kita tidak perlu repot membuat resep sendiri. Namun terkadang ada beberapa masker wajah yang berbahaya. Oleh karena itu kamu harus teliti terhadap keamanan produk masker wajah kamu atau opsi lainnya adalah membuat masker wajah sendiri dari bahan yang mudah didapatkan.

Berikut rekomendasi masker wajah dari bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah:

  1. Masker putih telur

Putih telur mengandung protein yang dianggap mampu membantu membunuh bakteri penyebab jerawat berkembang di wajah.  Perlu diketahui bahwa tidak hanya jerawat saja namun komedo pun dapat diatasi dengan masker wajah ini. Resep masker putih telur:

  • Siapkan 2 sampai 3 butir telur lalu pisahkan antara putih dan kuning telurnya
  • Ambil bagian putih telur kemudian letakan dalam mangkuk
  • Oleskan putih telur ke wajah dengan bantuan kuas atau kapas
  • Diamkan masker selama 10 hingga 15 menit sampai kering
  • Bilas sampai bersih dan setelah memakai masker aplikasikan pelembab
  1. Masker pisang

Wajah membutuhkan beberapa vitamin seperti vitamin A, B, dan E. Semua vitamin ini terkandung dalam buah pisang. Kandungan vitamin A di dalamnya mampu menyamarkan noda hitam dan menghaluskan kulit. Vitamin B juga berperan untuk kulit demi mengurangi kekeringan kulit. Kemudian vitamin E yang dikenal sebagai obat anti penuaan yang bisa mengurangi keriput sekaligus menghidrasi kulit. Selain itu, pisang juga dikenal dapat membuat kulit terlihat lebih lembut sekaligus menyerap minyak pada kulit.

Cara membuat masker pisang cukuplah mudah yaitu hanya dengan menghancurkan pisang dengan garpu sampai lembut, lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 hingga 20 menit kemudian jika sudah kering bilas dengan air dingin. Agar bisa mendapatkan manfaat lebih besar lagi untuk kulitmu, kamu bisa lho mencampurkannya dengan madu, yogurt tawar, minyak zaitun extra virgin atau perasan lemon.

  1. Masker oatmeal dan soda kue

Kamu punya masalah pori-pori yang tersumbat? Tenang saja, karena masker oatmeal dan soda kue bisa mengatasinya. Sifat pengelupasan dari keduanya membuat sel kulit mati terangkat sehingga akan membuka pori-pori. Resep masker oatmeal dan soda kue:

  • Siapkan 2 sendok teh oatmeal dan 1 sdt soda kue
  • Masukkan kedua bahan tersebut dalam mangkuk masker, kemudian campurkan dengan air dan aduk hingga membentuk pasta
  • Aplikasikan masker secara merata ke wajah lalu biarkan sampai kering
  • Bilas dengan air tetapi apabila ingin hasil maksimal bilaslah dengan air hangat dan setelahnya pakai pelembab.
  1. Masker kunyit campur madu

Salah satu masalah kulit yang sering dialami kebanyakan orang adalah hiperpigmentasi. Ini merupakan kondisi dimana area kulit menjadi gelap karena jerawat, kehamilan, usia, atau kerusakan akibat sinar matahari. Untuk mengurangi hiperpigmentasi seseorang bisa melakukan perawatan dermatologis namun tentu saja biayanya cukup mahal. Kamu tidak perlu khawatir karena ada formula masker wajah dari campuran kunyit dan madu untuk meratakan warna kulit dan mengurangi peradangan sekaligus menghemat uang kamu. Resep masker kunyit campur madu yaitu:

  • Campurkan setengah sendok teh kunyit bubuk dengan 1 hingga 2 sdm madu
  • Aduk sampai berbentuk pasta
  • Oleskan ke seluruh area wajah
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat

Itulah beberapa rekomendasi masker wajah alami yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan biaya yang tidak mahal.

Harold Bryant

5 Post